" Orang sukses adalah orang yang terus mencoba meskipun ia tahu mungkin akan gagal "

Thursday, October 20, 2016

I DID IT!


Yoooo, whats up bre!!!
I am so happy. Finally I finish my study. Semua udah selesai. Kuliah telah usai. Nda ada lagi begadang ngerjain skripsi. Nda ada lagi bully2an belum lulus. AKU UDAH LULUS! Fu*k yeah!

Semua berawal dari telpon emak dimalam itu. Sebuah percakapan telepon yang bikin cowok kece ini nangis sedih. Yah ini mungkin titik balik dari dedi yang males menjadi dedi yang sedikit agak rajin. 

Wah, sebenernya gak tau mau nulis apa, sama kayak postingan lainnya sih. Cuma nulis apa yang ada dikepala, tanpa revisi tapi ngedit dikit kalo ada yang typo. Sisanya pure dari kepala yang berotak kecil ini. Rasanya enak banget udah pendadaran. Beban dipundak agak ringan. Gak baper lagi kalo ada yang nanya tentang skripsi atau "kapan lulus?". Kalo emak nanya, sekarang udah bisa jawab "Aku wisuda desember mak" dengan lantang. Tapi sedih juga. Sedih soalnya masih banyak temen yang belum lulus. Jadi orang yang lulusnya belakangan itu nda enak. Pokoknya jadi yang paling belakang dalam hal apapun itu gak enak. Ngerasa ditinggalin. Lonely as fu*k. Its worse feeling ever. I know it cause I have been there. 

Belakangan itu bebannya berat. Sama kayak ujian. Kalo pas lagi ujian terus tiba-tiba semua udah selesai dan tinggal kamu aja yang belum, gimana rasanya? Langsung tegang pasti. Pikiran jadi nggak jernih. Adrenaline bertambah, keringat dingin bercucuran, lemes, kzl. Ini alasan setiap kali kuis, uts atau uas aku pasti keluar belakangan. Tujuan ya untuk ngasi support ke mereka yang masih belum selesai. Nah, skipsi ini juga sama. Aku lama lulus ya buat nge-support mereka yang belum. Tapi emak udah minta aku lulus. Emak udah gak sabar liat anaknya lulus kuliah. Aku seneng sih sudah lulus, tapi kayak ngerasa udah ninggalin mereka gitu. Aku pernah ngasih tau alasan ini ke adik tingkat yang nanya "kapan lulus". Dia bilang "ah alasan aja kakak ini. Kalo pun bener, kakak aja yang terlalu setia kawan sampe gak inget diri sendiri". Emang salah ya mau sama-sama lulus? Emangnya salah ya pengen bahagia sama-sama. Lagipula, apa gunanya sukses sendirian tapi temen-teman yang lain ditinggalin. Bukannya "sebaik-baiknya mahluk itu yang berguna bagi orang lain"?. You can call it bullshit or whatever you want. But I am very happy if I can make someone else happy. I dont care about my own happiness. I can create it easily. At least I think I do.

Sampe saat itu aku merasa benar. Tapi aku lupa, aku kuliah masih pake dana dari orang tua. Semakin lama aku lulus semakin menderita juga orang tua ngebiayaiin. Eh bentar, ini malah jadi kayak curhat. Oke cukup sampe disini. Sekarang lanjut ke pendadaran.

Sehari sebelum pendadaran aku ke rumah bude sempaja. Kenapa namanya bude sempaja? well, aku gak tau namanya siapa. Bude sempaja bukan bude kandung ku(Tau aja kan ya maksudnya). Bude sempaja cuma seorang wanita yang tinggal sendirian dekat kontrakan temen. Dulu aku sering main ke kontrakan temen dan sering dikasi makan sama bude. Akhirnya aku ngerasa bude udah kayak mamak ke-2. Tapi sekarang temen udah pindah kontrakan. Jadi jarang kesana. Mungkin cuma 2 bulan sekali. Rencananya sih cuma minta doa supaya pendadaran ku lancar. Eh malah dikasih donat sama sop buah. Seneng deh. Mungkin lain kali kalo lapar aku akan kesana lagi. Wkwkwkwk.

Selain minta doa bude, aku juga minta doa sama emak. Jadi hari itu aku chat emak "Ma, besok aku seminar skripsi. Doakan supaya lancar ya ma". Dulu pas seminar proposal emak balasnya "Ya, mama doakan semoga lancar. Dapat nilai tinggi". Tapi kali ini beda. Emak cuma bilang "Ya, jangan lupa kirim fotonya". Emak udah berubah jadi anak instagram. Emak sekarang gaul. Ini bukti chat sama emak


Satu-satunya hal yang paling ku suka dari pendadaran ini ya baju yang dipake buat maju. Pake jas bro. Gentleman suit. Aku sih seneng banget pake jas. Merasa lebih laki dan lebih ganteng (padahal enggak). Sebelum pendadaran aku sudah nyiapain semuanya. Bahkan pertanyaan-pertanyaan yang bakal ditanya penguji udah ku bikin prediksi. Hal-hal random yang mungkin mereka minta udah aku siapin. Semuanya udah tersimpan dengan rapi di folder "Plan B". Aku orangnya mah gitu. Memperkirakan yang terburuk, mempersiapkan yang terbaik. Tapi pas maju gak ada satu pun di plan B yang keluar. Dosen yang nguji cuma nanya hal-hal dasar. Kan kampret. Semua usaha sia-sia. Padahal plan B ini dibuat seharian. Aku kzl. Beneran deh, setiap aku bikin rencana bisa dipastikan 80% bakal gagal.

Pendadarannya berjalan lancar. Semua yang ditanya alhamdulillah bisa dijawab walaupun agak melenceng kesana sini dan taraaaaa AKU LULUS. Aku lulus dengan nilai A. Dengan begitu, IPK ku tetep diatas 3,5. Aku gak tau IPK ini ntar ngaruh kemana. Tapi aku ngerasa ini agak penting untuk punya IPK segitu. Mungkin ini bisa buat bahan pamer emak ke temen-temennya. Aku juga seneng 2 dari 4 dosen bilang game ku bagus. Yay.

Sepanjang jalan pulang dari kampus ke kos. Aku senyum-senyum sendiri, kadang ketawa agak nyaring sampe diliatin orang. Akhirnya malu sendiri. Tapi kemudian gitu lagi. Dikos, bapak kos nanya..
Bapak kos : Gimana ded, lancar kah?
Me : Alhamdulillah om, lancar
BK : Dapat nilai apa kamu?
Me : A om
BK : haa?
Me : A om
BK : A ded?
Me : Iya om
BK : Serius A ded?
Me : *agak kesel* iya om
Setelah percakapan tadi aku ke kamar terus mikir "tampang ku ini emangnya bukan tampang orang yang bisa dapat nilai A ya?". Akhirnya aku menemukan jawabannya. Bapak kos emang kampret.

Beberapa saat kemudian ada 2 chat masuk. 1 dari mamak, 1 dari bude. Bude chat "Gimana ded, lancarkah?". Mama chat "Sudah selesai kah ded? Kirimi mamak fotonya". Mamak cuma peduli sama foto. Aku sedih. Akhirnya aku ngirim foto ke emak. aku ngirim foto yang bareng dosen. And guess what. Emak enggak puas dengan foto yang ku kirim. Emak maunya foto ku sendirian. Aku sih paling males kalo foto-foto gitu. Jadi aku gak punya foto pas lagi sendirian. Emak pun nelpon. Emak maksa aku buat make lagi setelan pas pendadaran terus foto sendiri buat dikirim ke emak. Demi emak, apa boleh buat. Surga berada dibawah kaki emak. Jangan sampe aku nda bisa masuk surga gara-gara nda ngasih foto. Kan konyol.

Ya intinya seneng lah sudah lulus. Semoga temen-temen yang lain segera menyusul. Semoga gak ada yang berhenti ditangah jalan. Semoga yang masih males, diangkat kemalesannya. Diberikan motivasi dan semangat buat menyelesaikan skripsi. Aamiin.

Ps : Penggunaan bahasa inggris dipostingan ini dikit banget, tidak sesuai dengan perkataan di postingan sebelumnya. Aku ampas.

No comments:

Post a Comment