" Orang sukses adalah orang yang terus mencoba meskipun ia tahu mungkin akan gagal "

Friday, April 12, 2013

Tips Memilih Kos-Kosan




Berhubung masa penerimaan mahasiswa baru segera dimulai, ahirnya diputuskan untuk nulis tips memilih kos-kosan. Hitung-hitung untuk membantu mereka yang mau ngekos lah. Ngekos itu gampang-gampang susah, tapi menurut ku anak kosan punya nilai tambah tersendiri dari pada mereka yang enggak ngekos. Sebelum kalian memilih kos yang mau kalian tinggalin, usahakan perhatikan faktor-faktor dibawah ini :

<1>. Air
Air itu faktor yang paling vital dalam memilih kos. Jadi hal pertama yang harus diperhatikan harus lah air. Gak lucu kan kalo ada kos yang gak ada airnya. Terus kamu mau mandi dimana? Sungai? Masjid? Tapi lebih gak lucu lagi kalo kos kebanyakan air sampe masuk-masuk ke kamar (baca:banjir). Saat pertama mau menyewa kosan usahakan tanya kepemilik kos pertanyaan2 dibawah ini :


a.Disini air nya pake air PDAM atau air sumur bor pak/bu? *Kalau pake sumur bor bagus, soalnya setau ku sih sumur bor itu airnya gak pernah macet.
b.Airnya ini tiap hari ngalir kah pak/bu?
c.Kalo misalnya air disini mati bagaimana bu? Apakah ibu/bapak mau membelikan kami air atau kami yang harus beli sendiri atau ada tempat lain disekitar sini yang bisa digunakan untuk tempat mandi/nyuci?

<2>. Lingkungan
Faktor ini juga penting, khususnya buat kalian yang masih newbie dalam hal ngekos. Sebelum memilih kos, tanyakan pertanyaan-pertanyaan dibawah ini:
a.Kos kalian ini deket gak sama kampus kalian?
Ini penting buat mereka yang  gak punya kendaraan. Untuk kalian yang gak punya kendaraan, usahakan ngekos di tempat yang deket sama kampus. Jadi kalian gak perlu jalan jauh untuk pergi kekampus. Kalau kamu ngekos di tempat yang jauh, kamu bakal ngeluarin biaya lebih untuk transportasi. Jadi usahakan pilihlah tempat yang dekat dengan kampus.
b.Kalau hujan banjir gak?
Nah, kebanyakan universitas ada dikota besar dan kota besar identik dengan yang namanya banjir. So, carilah kosan yang anti banjir. Untuk hal ini jangan terlalu percaya sama pemilik kos kalau mereka bilang “Disini gak pernah banjir”. Untuk mengetahui kosan itu anti banjir atau enggak, silahkan tanya kepada orang sekitar. Misalnya orang yang ngekos disitu atau orang yang tinggal disekitar kosan itu. Ingat, “Gak semua yang loe denger itu bener”.
c.Aman gak?
Selanjutnya adalah keamanan. Faktor keamanan ini penting banget. Selama ngekos, aku udah pernah kehilangan dompet beserta isi-isinya (KTP, SIM, ATM, Uang, KTM).  Temen sekelas ku (@andrian n @udin) kehilangan laptop gara-gara tidur gak ngunci kamar. Temen kos ku lebih parah, dia kehilangan motor. Motor yang diparkir didepan kos hilang ditelap maling. Serem banget kan. Untuk nyari kos yang aman itu susah banget. Aku udah 2 kali pindah kos dan selalu kehilangan barang. Aku juga kurang tau gimana kriteria untuk kos yang aman.  Jadi aku cuma mau ngasih tips bagaimana mengamankan barang kamu. Caranya :
1.Selalu kunci kamar kemana pun kamu pergi, bahkan ketika kamu didalam kamar dan juga pada saat kamu tidur.
2.Selalu kunci stang motor kamu, kalau perlu balikan alat pengaman tambahan. Seperti gembok kecil untuk menggembok cakram motor.
3.Simpan barang-barang anda didalam kamar, seperti sepatu, sandal, gelas, piring dll.
4.Berdoa
Ingat ! “Mencegah itu lebih baik daripada mengobati”.

<3>. Pemilik kos
Menurut ku sih ini bukan merupakan faktor yang penting, tapi gak ada salahya kalau dibahas sedikit. Sebagai anak kos yang baik, sudah sepantasnya kita mengenal lebih dekat pemilik kos kita. Dengan begitu hubungan anak-ibu/bapak kos bisa berjalan dengan baik. Udah itu aja.

<4>. Kebersihan
Ingat ! Kebersihan adalah sebagian dari iman. Pada awalnya semua kos yang anda datangi PASTI tampak bersih. Kenapa? Karena entah kenapa semua ibu/bapak kost itu tau kalau akan ada orang yang datang dan dengan sigapnya mereka membersihkan kekotoran yang ada dikos. Itu sih menurut pengalaman ku.
Untuk mengetahui kebersihan kos, lihat apakah kos itu jadi satu/dekat dengan rumah ibu/bapak kos. Menurut pengalaman, kos yang jadi satu/dekat dengan rumah ibu/bapak kos biasanya bersih, karena biasanya mereka sering membersihkan kos. Berbeda dengan kos yang jauh dari rumah bapak/ibu kos, sudah hamper bisa dipastikan kalau kos itu kurang bersih. Tapi pada dasarnya kebersihan kos itu tergantung dari penghuninya sendiri sih.

<5>. Harga sewa
Sudah jadi sifat manusia pengen sesuatu itu murah tapi bagus. Kamu juga pasti bisa memikirkan sendiri masalah yang satu ini. Sekedar info, harga sewa kos di samarinda pada umumnya 300 – 500 ribu perbulan. Kenapa saya tau, karena saya juga ngekos di samarinda.

<6>. Biaya tambahan
Awalnya saya gak tau hal semacam biaya tambahan ini. Tapi menurut pengalaman temen dibeberapa kos, ada yang mempraktekan biaya tambahan ini. Contohnya : Kalau punya laptop akan dikenakan biaya tambahan 20.000,- atau biaya tambahan 10.000,- perbulan untuk biaya kebersihan. Jadi sebelum memilih kos, tanyakan dulu ke pemilik kos apakah di kos mereka ada biaya tambahannya atau tidak.

<7>. Kelengkapan kamar kos (lemari, meja, kamar mandi, wc, dapur)
Sebelum memilih kos, periksalah kelengkapan kos seperti tempat tidur, bantal, meja, lemari dan lain sebagainya. Ada beberapa kos yang menyediakan semua kelengkapan diatas. Namun ada juga yang hanya menyediakan ruangan kosong yang sebenar-benarnya kosong. Untuk kamu yang baru ngekos, cari lah kos dengan kelengkapan minimal tempat tidur, untuk kelengkapan lainnya kamu bisa beli kemudian.
Mungkin segitu dulu tips yang bisa saya bagi. Semoga dapat membantu temen-temen yang lagi mau mencari kos. Setiap kos punya peraturan tersendiri, pesan saya kalau mau aman dan tetap tiggal dikos tersebut, taati peraturan yang berlaku. Kalau nggak, siap-siap aja di kick sama epmilik kos. Hidup Anak Kos !
Terimakasih

No comments:

Post a Comment