" Orang sukses adalah orang yang terus mencoba meskipun ia tahu mungkin akan gagal "

Sunday, May 18, 2014

Proker KKN


Konon katanya, kalo mahasiswa kga KKN maka mahasiswa tersebut akan menjomblo seumur hidup loh. Gitu. Maka beruntunglah kalian yang sudah KKN. Takdir kalian untuk menjomblo seumur hidup sudah terpatahkan.

Nah, kan bentar lagi waktunya KKN nih. Berhubung gue udah KKN (walaupun masih jomblo), gue mau kasih beberapa saran buat proker KKN temen-temen nih. Langsung aje ya bro. Cekibrot!


1. Ngajar
Ngajar ini udah jadi proker KKN paling laris, paling sering di pick sama anak yang lagi KKN. Gak heran sih, kita sebagai mahasiswa kan orangnya berintelektual tuh. Jadi ada baiknya kalo kita sebagai orang yang berintelektual memberikan sedikit ilmu ke warga di tempat kita KKN. Toh kita gak rugi. Berbagi itu indah katanya.

Untuk materi yang mau diajarin itu bisa disesuaiin. Bisa sesuai dengan jurusan kita semisal ngajar tentang komputer atau bisa juga ngajar pelajaran umum kayak matematika, bahasa inggris, IPA dan kawan-kawannya. Kita juga gak cuma harus ngajarin warga ilmu dunia. Ajarin juga mereka ilmu akhirat (tsaah). Jadi temen-temen juga bisa ngajar ngaji atau ceramah dimesjid gitu. Kalo mampu.



2. Kerja Bakti
Proker lain yang sering di lakuin sama anak-anak KKN ya yang satu ini. Ngajar sama kerja bakti itu hukumnya wajib buat jadi proker KKN. Kerja bakti itu enak loh. Cuma ngebersihin sampah disekitar, ngebersihin selokan, negersihin masjid, motongin rumput lapangan bola, ngecat trotoar, nyapuin jalanan. Enak kan? Simpel

Kerja bakti ini manfaatnya banyak. Pokonya kerja bakti bareng-bareng itu Indonesia banget. Kebersamaan dan rasa gotong royong muncul diproker ini. Lingkungan juga jadi lebih bersih. Terus bisa lebih kenal ke warga dan anak gadisnya (eh). Siapa tau ada yang cakep. Kan lumayan bisa buat oleh-oleh keluarga dari tempat KKN. Huahahaha


3. Bikin Marka Jalan
Tau kan marka jalan?! Itu loh, yang kayak nama gang, nama jalan, rambu lalu lintas, penunjuk jalan dan komplotannya. Cari deh di google kalo gak tau. Agak susah sih sebenernya yang satu ini. Tapi proker ini bakal membekas dihati warga. Jadi ntar setiap warga ngeliat marka jalan buatan temen-temen, mereka bakal inget temen-temen KKN yang udah ngebuatin ntu marka jalan buat mereka. Kayak flashback inget mantan gitu. Hahhaha.


4. Sosialisasi
Gampang banget dah proker yang satu ini. Modal utamanya cuma mulut + sedikit rasa percaya diri ngomong depan orang-orang. Hal yang mau disosialisasikan ini terserah temen-temen aje. Mau sosialisasi ke siapa aja juga boleh. Ke warga? Ke sekolah-sekolah? Ke kelurahan? Ke ibu-ibu arisan? Terserah aje. Yang penting apa yang disosialisasikan itu pas sama targetnya.

Misalnya kita sosialisasi tentang “cara menanam padi yang baik dan benar”. Ya sosialisasinya ke para petani dan pihak yang bersangkutan. Bisa juga sosialisasi tentang cara mencuci tangan. Usahakan ini cuma disosialisasikan ke anak-anak sekolah aja ya. Jangan ke orang-orang tua. Ngajarin orang tua cuci tangan itu awkward banget, aneh. Ntar bisa kualat loh. Bahaya! Aborted! I repeat, aborted!


5. Fogging
Asep! Asep! Asepin semua rumah warga. Bunuh! Bunuh semua nyamuk dirumah warga! Bakar! Bakar warga yang menolak! Eh, yang bagian bakar jangan deh.

Ini juga proker yang disenengin warga loh. Kan biasanya fogging tuh bayar, mas-mas yang ngasepin juga biasanya sembarangan aja kalo ngasepin rumah warga. Alhasil, nyamuk dirumah warga kaga ke akhirat semua. Nah, di sini temen-temn muncul sebagai pahlawan fogging. Pahlawan yang bakal ngasepin rumah warga dengan benar, menumpas semua nyamuk yang mengganggu dan melakukannya dengan GRATIS. Saat itu juga temen-temen bakal resmi sebagai pahlawan fogging desa. The Fogging Man.


6. Acara kondisional
Proker ini menuntut kepekaan temen-temen. Lihat keadaan sekitar, lingkungan sekitar, hari, tanggal, bulan, tahun, air, api, tanah, udara. Anu, ini bukan avatar loh ya.

Jadi gitu, temen-temen harus peka dengan keadaan sekitar untuk yang satu ini. Misal, kalo temen-temen ntar KKN dibulan ramadhan, temen-temen bisa tuh bikin proker buka bersama atau pesantran kilat. Contoh lain, bikin proker sesuai hari nasional semisal bikin lomba untuk memperingati 17-an atau memaksa kaum lelaki memakai kebaya dihari kartini.

Berhubung sebentar lagi ada gelaran piala dunia, gue rekomendasikan buat bikin proker nobar piala dunia. Pasti seru tuh. Siapa tau di posko kga ada TV tapi pengen banget nonton piala dunia. Temen-temen bisa nih memanfaatkan proker ini untuk menyalurkan hasrat yang terpendam. Ya, bisa dibilang ini win-win situation. Nonton piala dunianya kesampaian, proker pun berjalan.

Udah ah, itu dulu aje ya. Sebenernya sih masih banyak, cuma ngetiknya capek men.
Intinya, apapun proker yang ntar temen-temen bikin. Kerjain semuanya dengan iklas dan semaksimal mungkin, Tujukin kalo mahasiswa itu gak cuma pinter demo. Mahasiswa juga bisa berguna buat masyarakat. We are the agent of change. Show it to them!

No comments:

Post a Comment